Larwo

Trushes
Shama (Murai Batu)

Genus: Copsychus
Species: Copsychus malabaricus javanus / javanicus
Synonym: Copsychus malabaricus omissus

Nama: Larwo, Murai Batu Jawa
Penyebaran: pulau Jawa, Indonesia

Pulau Jawa juga memiliki jenis burung Murai Batu, yang lebih dikenal dengan nama Larwo.
Memiliki ukuran tubuh paling kecil dibanding semua jenis Murai Batu di Indonesia pada umumnya.

Larwo
Sebenarnya Larwo ini memiliki kecerdasan dan suara tidak kalah dengan jenis Murai Batu dari Sumatra dan Kalimantan. Sayangnya Larwo ini nyaris dinyatakan punah, akibat perburuan liar terhadap burung ini di alam oleh penangkap burung di pulau Jawa.
Memprihatinkan, karena sampai saat ini belum ada penangkar burung yang tertarik untuk melestarikan dan menangkar burung khas pulau Jawa ini.
Saat ini tidak diketahui apakah masih ada di kalangan penggemar burung kicauan yang masih memelihara burung Larwo ini. Harapan kita mudah-mudahan burung ini tidak benar-benar punah.


14 comments:

  1. ciri-ciri khususnya bagaimana gan..???
    saya tertarik untuk menangkarkan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. penampilan biasa, layaknya burung murai, hanya postur tubuhnya lebih kecil dari murai pada umumnya dan memiliki ekor yang relatif pendek.
      burung ini cuma ada di pulau jawa, keberadaannya saat ini sudah sangat langka, tapi kalau dicari mungkin masih ada ya.
      sayang kalau sampai punah.
      makasih ya sudah berkunjung.
      salam kicau

      Delete
  2. Saya punya dirumah satu tapi jantan...cari betinanya susah banget...kalau maslah bunyinya jangan tanya..mungkin berhenti bunyi per 10 detik setelah itu bunyi lage....ak dapat dari orang dipasar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah .. hebat nih, masih punya burung Larwo.
      kalau bisa di foto sob,
      lumayan buat koleksi foto burung Larwo, soalnya cari burungnya juga sudah susah sekali ya.

      cari betinanya, kalau nyarinya ke kampung2 mungkin masih bisa ditemukan, mudah2an orang-orang di kampung2 ada yang pelihara, siapa tau dapat betinanya, jadi bisa ditangkar.

      ok .. trims ya sudah berkunjung ke sini
      salam kicau

      Delete
    2. wah yang punya larwo di upload dong videonya pingin lihat&denger si larwo

      Delete
    3. Saya punya larwo tgl 9mau tampil yg kemarin suda juara saya lombakan dngn borneo insyaallah nanti saya rekam&saya akan share ke teman2 pecinta burung doax y supaya larwo(android 21)bisa tampil maksimal.

      Delete
    4. Saya punya larwo tgl 9mau tampil yg kemarin suda juara saya lombakan dngn borneo insyaallah nanti saya rekam&saya akan share ke teman2 pecinta burung doax y supaya larwo(android 21)bisa tampil maksimal.

      Delete
    5. sip bro Domed,
      semoga sukses nanti di kontes nya
      bagi2 foto Larwo nya ya... kalau boleh kemana kita bisa minta fotonya ? (buat koleksi)
      trims ...
      Salam kicau

      Delete
  3. Bagi teman2 yg mungkin pux larwo betina&mau dijul tol hub saya.

    ReplyDelete
  4. lihat ciri2nya kok kayak tledekan gunung ,apa bener sama???????trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya beda sob ?
      karena ukuran Larwo lebih besar dari tledekan biasa dan tledekan laut,
      mungkin bentuknya saja yang mirip
      trims sob udah berkunjung
      Salam kicau

      Delete
  5. Yang pasti jangan sampai punah burung Larwo, ya sobat kicau mania, karena di hutan kita sudah semakin langka..
    yang punya sepasang (jantan + betina) nya ayo ditangkar.

    Salam kicau

    ReplyDelete
  6. aku tgl 31 08 13 baru beli... trus ku cari cari jenisnya mirip larwo... brow larwo bisa g bro bunyinya keras ya hampir sama kaya mb medan... soalnya larwoku baru ngriwik tp udah gacor sayang nya suaranya tipiss kayak pleci... tolong pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Larwo bisa juga keras sob, tapi volumenya tidak bisa sekeras murai medan ... tapi lumayan lah ... karena burung ini termasuk periang dan suka bunyi, selain sudah sangat langka sekali. beruntung punya Larwo

      Delete