Zoothera joiceyi (Punglor Seram)

Punglor Seram, (Zoothera joiceyi) atau (Geokichla joiceyi), dengan nama inggris Seram Thrush, adalah burung asli Indonesia. Punglor Seram termasuk dalam family Turdidae.

Penyebaran Punglor Seram adalah endemik hutan hujan pegunungan di pulau Seram di Indonesia. Kadang burung Punglor Seram dianggap sebagai subspecies dari Punglor Buru (Buru Thrush), kadang burung ini disebut juga sebagai Maluku Thrush.

Punglor Seram berukuran tubuh menengah sekitar 17 cm. Warna coklat agak gelap. Sekilas burung ini mirip dengan Punglor Buru (Zoothera dumasi / Buru Thrush). Suara burung ini memberikan suara "tseep" dan kadang merupakan suara panggilan "tsree-tsree". Dilihat dari postur tubuh burung ini, pastinya burung ini pun bisa melantunkan kicauan layaknya seperti keluarga genus Zoothera lainnya.

Class:Aves
Order:Passeriformes
Family:Turdidae
Genus:- Zoothera /
- Geokichla
Species:- Z. joiceyi /
- G. joiceyi
Binomial name
Zoothera joiceyi
(Rothschild & Hartert, 1921)
Geokichla joiceyi

(Rothschild & Hartert, 1921)
Synonyms
Zoothera dumasi joiceyi
Zoothera joiceyi
Sedikit terjadi perbedaan pendapat tentang nama species burung Punglor Seram ini, sebelumnya burung ini menggunakan nama ilmiah Zoothera joiceyi dan masuk ke dalam genus Zoothera, tapi belakangan dimasukkan ke dalam genus Geokichla, dengan nama species Geokichla joiceyi. Bahkan, jauh sebelumnya, pada tahun 1921 oleh Rothschild & Hartert, burung ini sempat dimasukkan ke dalam genus Turdus, dengan nama species Turdus joiceyi.

Punglor Seram, terdaftar sebagai hampir terancam punah, karena memiliki populasi kecil dalam jangkauan yang kecil, dan sedang mengalami penurunan populasi karena perburuan liar. Sekarang Punglor Seram termasuk burung "langka". Oleh karena itu spesies Zoothera joiceyi ini diklasifikasikan sebagai (Hampir Terancam).

Kebiasaan hidup burung ini yang berada di daerah pegunungan dalam hutan hujan pegunungan, membuat burung ini susah di pelihara di daerah yang bersuhu hangat. Di habitatnya burung ini mencari makan di atas permukaan tanah mencari serangga kecil dan cacing di balik lapisan tanah.






Related
http://www.birdlife.org/datazone/speciesfactsheet.php?id=32151

No comments:

Post a Comment