Copsychus sechellarum

Trushes
Magpie Robin (Kacer)

 Family
Turdidae / Muscicapidae 
 Genus
Copsychus 
 Species
Copsychus seychelles (Newton, A. 1865)

 Nama
"Seychelle Magpie Robin"
 Nama lain
Kacer Seychelles
 Penyebaran
Seychelles (endemik)

Seychelle Magpie Robin
Kacer Seychelle
(Copsychus sechellarum)
Jenis ini hanya terdapat di Seychelles Afrika (endemik). Sekilas bentuk fisik mirip dengan Kacer Hitam yang ada di Indonesia, seperti di Jawa Timur dan Kalimantan. Tapi bila diperhatikan terdapat perbedaan pada warna putih di sayap. Terlihat jelas bahwa warna putih Kacer Seychelles pada sisi sayap seperti terputus di bagian tengah sayap, atau lebih pendek dari warna putih sisi sayap Kacer Hitam di Indonesia. Selain itu ekor keseluruhan berwarna hitam, tidak ada bagian putihnya seperti pada Kacer Hitam di Indonesia.
Jadi Kacer Seychelles adalah species berbeda dengan Kacer Hitam di Indonesia.

Penyebaran hanya di Seychelles (Afrika). Seluruh tubuh berwarna hitam, kecuali pada sayap terdapat warna putih. Kemampuan berkicau sangat baik dan pintar menirukan suara-suara di sekelilingnya. Penampilan sangat atraktif sambil memainkan ekor. Volume suara sedang. Jenis ini juga sangat suka dengan udara panas.

Saat ini populasi Kacer Seychelles berada diambang kritis, karena semakin langkanya species ini di habitatnya. Saat ini populasi burung Kacer Seychelles telah terdaftar sebagai burung langka dalam daftar IUCN dengan status sangat terancam punah.

Kacer Seychelles berukuran tubuh sekitar 25 cm panjang. Warna tubuh hitam-glossy dengan bar (garis tebal) putih pada setiap sayap. Di habitatnya burung ini bisa hidup lebih dari 15 tahun. Berhabitat pada hutan, terbuka, perkebunan dan sekitar kebun.

Karena habitat asli burung ini dipenuhi predator seperti kucing liar dan tikus yang sering memangsa anak burung ini, maka populasinya pun setiap harinya semakin menyusut. Tahun 1970, adalah masa sangat kritis burung ini dengan jumlah hanya 16 ekor tersisa. Selama dua dekade dilakukan usaha untuk mencegah kepunahan, dan berhasil sehingga jumlah mencapai 21 ekor pada tahun 1990. Pada tahun 1990 BirdLife International memulai upaya pelestarian untuk menyelamatkan burung Kacer Seychelles. Pada tahun 1994, sebagian burung dipindahkan ke Cousin dan dilanjutkan pada tahun 1995  Kemudian pada tahun 2002 sebagian lain dipindahkan ke pulau Aride dan pulau Denis pada tahun 2008. Dengan begitu diharapkan burung Kacer Seychelles atau Copsychus sechellarum ini dapat diselamatkan keberadaannya.

4 comments: