Alophoixus Bres (Cucak Jenggot)

Alophoixus bres (Grey-cheeked Bulbul)
Cucak Jenggot

Adalah salah satu spesies burung penyanyi dalam keluarga Pycnonotidae. Penyebaran berada Indonesia (Kalimantan, Sumatra, Jawa dan pulau-pulau lain di Indonesia), Brunei, Malaysia, Myanmar, Filipina, dan Thailand. Habitatnya berada di hutan tropis lembab, subtropis atau hutan dataran rendah dan pegunungan lembab subtropis atau tropis.


Family   :  Pycnonotidae
Genus   :  Alophoixus
Species :  Alophoixus bres


Cucak Jenggot adalah burung pemakan buah dan serangga. Burung ini  memiliki suara yang membeset atau besetan (istilah penggemar burung kicauan), suara ini dimiliki oleh jantan maupun betina. Bagi kalangan penggemar burung, terutama burung-burung tingkat lomba (kontes) yang dianggap levelnya lebih tinggi seperti Kacer (Copsychus), Murai Batu (Copsychus), Punglor (Zootera dan Turdus), Cucak Hijau (Chloropsis) dan Cendet (Lanius), burung ini dijadikan sebagai burung Master (Guru) atau suaranya diusahakan diterima (ditiru) oleh burung lomba tersebut. Tetapi Cucak Jenggot terkadang dijadikan juga sebagai burung lomba, karena saat ini kelas khusus burung Cucak Jenggot pun sudah diadakan, sehingga burung Cucak Jenggot ini pun disertakan dalam kontes lomba burung berkicau.

Ciri-ciri Jantan dan Betina
Cucak Jenggot jantan dan betina, sekilas hampir tidak bisa dibedakan, karena secara fisik memang tidak ada bedanya. Tetapi bisa dilihat dari kebiasaan dan tingkah laku burung Cucak Jenggot jantan dan betina.
1. Cucak Jenggot Jantan
    - Kicauan lebih variatif (tidak monoton)
    - Jika didekatkan dengan Cucak Jenggot lain, akan langsung bereaksi mengeluarkan suara khasnya.
    - Postur tubuh lebih kekar dan memanjang (simetris).
    - Dada berwarna kuning (kalau masih bahan/ bakalan).
2. Cucak Jenggot Betina
    - Kicauan monoton (hanya membeset saja).
    - Jika didekatkan dengan Cucak Jenggot lain (positif jantan) maka sayapnya akan bergetar (ngeper).
    - Di usia dewasa biasanya Cucak Jenggot betina akan bertelur.
    -.Postur tubuh biasanya bulat dan cenderung membungkuk.
    - Dada berwarna putih (kalau masih bahan/ bakalan).

Kerabat terdekat Cucak Jenggot adalah Jenggot Tembak dan Kapas Tembak. Biasanya agak susah membedakan ketiga jenis burung ini, karena postur tubuh dan ciri-ciri fisik hampir mirip, hanya dapat dibedakan dari suaranya yang masing-masing terdapat perbedaan.


diolah dari en.wikipedia dan berbagai sumber

No comments:

Post a Comment