Chloropsis sonnerati

Choloropseidae
Leafbird (Cucak Hijau & Cucak Rante)

[Cucak Hijau]

Family: Chloropseidae
Genus: Chloropsis
Species: Chloropsis sonnerati (Jardine and Selby, 1827)

Nama: "Greater Green Leafbird"
Nama lain: Cucak Hijau
Penyebaran: Myanmar, Thailand, Nias, Sumatra Timur, pulau Natuna, Kalimantan dan Jawa.

Chloropsis sonnerati, adalah spesies burung Cucak Hijau dalam keluarga Chloropseidae.

Species ini ditemukan di Brunei, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura dan Thailand. Habitat burung ini berada di hutan dataran rendah subtropis atau tropis dan hutan mangrove subtropis atau tropis, terutama hutan tua tetapi juga hutan sekunder dan pinggiran, pada daerah dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dpl.

Burung ini sangat lincah, melompat antara cabang dan terbang dari pohon ke pohon. Menyukai buah pohon ara, dan serangga serta invertebrata kecil. Suara yang dihasilkan oleh burung ini lumayan keras, dengan suara peluit melengking.

Satu jenis Cucak Hijau dari pulau Nias dianggap sebagai ras dari subspecies Chloropsis sonnerati zosterops, dengan sebutan ras parvirostris

Ciri-Ciri
Ukuran tubuh besar 22 cm, berwarna hijau terang. Di bagian pipi biasanya ada garis biru. Terdapat bintik kebiruan pada bahu. Sayap berwarna hijau. Pada burung jantan tenggorokan warna hitam, pada betina tenggorokan warna kuning dan mata kuning. Iris coklat gelap, paruh dan kaki abu-abu kebiruan.
Hidup kadang sendirian atau berpasangan, mencari makanan biasanya berkelompok. Menyukai tajuk pohon berdaun lebat. Makanan kesukaan adalah buah hutan dan serangga.


Subspecies
terdiri dari 2 subspecies

  • Chloropsis sonnerati zosterops (Vigors, 1830)
    ssp zosterops
    Penyebaran: Selatan Myanmar (Tenasserim) dan Tenggara Thailand hingga ke Sumatera bagian Timur merupakan satu grup ke Natuna Utara sampai ke Kalimantan.
    • Chloropsis sonnerati zosterops (parvirostris).
       ...
      Salah satu ras yang berasal dari pulau Nias, disebut ras parvirostris.
  • Chloropsis sonnerati sonnerati (Jardine & Selby, 1827)
    ssp sonnerati

    Penyebaran: pulau Jawa

No comments:

Post a Comment