Magpie Robin (Kacer)

Trushes
Magpie Robin (Kacer)

Kacer, adalah burung dari genus Copsychus dalam keluarga Turdidae (kadang dimasukkan ke dalam keluarga Muscicapidae). Merupakan salah satu jenis yang paling banyak penggemar (peminat) nya di Asia, terutama di Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia.

Di Indonesia, Kacer karena kepiawaiannya membawakan kicauan dahsyatnya, sering dihargai dengan harga yang tidak masuk akal. Harga yang tinggi membuat populasi burung ini semakin berkurang di habitatnya. Untungnya akhir-akhir ini telah banyak yang menangkarkan jenis burung ini, dan berhasil. Hanya saja Kacer hasil penangkaran cenderung lebih mahal, sehingga membuat penggemar kacer tetap membeli hasil dari tangkapan hutan, karena harga yang murah dan lebih mudah didapat di pasar-pasar burung, ataupun pedagang liar.

Jenis kacer, selama ini yang diketahui adalah jenis Hitam Putih, Hitam, dan Blorok. Dan tentang asal usul umumnya diketahui berasal dari Sumatra, Jawa dan Kalimantan.
Populasi Kacer juga ditemukan di luar Indonesia, seperti Filipin, Malaysia, Thailand, Indochina, China bahkan di India pun ditemukan kehidupan Kacer. Beberapa memiliki bentuk dan fisik yang mirip dengan Kacer yang di Indonesia, tapi beberapa jenis memiliki perbedaan kecil yang menjadi ciri khasnya.

Jenis Kacer Secara Umum

  • Kacer Sumatra (Copsychus saularis musicus)
    Kacer Sumatra seperti yang banyak beredar, mulai dari Aceh, Medan hingga Lampung, dan juga di sepanjang pesisir Barat dan Timur pulau Sumatra.
    • Kacer Medan (Sumatra Utara); [hitam-putih]; memiliki postur tubuh agak kecil dibanding Kacer yang berasal dari Jawa dan Kalimantan, namun memiliki suara yang "dahsyat" keras, serta kemampuan berkicaunya yang sangat baik.
    • Kacer Nias-Mentawai, Simalur (Simeulue);  (Sumatra Utara dan Aceh); [hitam-putih]; adalah Kacer yang terdapat di pulau Nias, karakter dan kemampuan Kacer Nias tidak berbeda jauh dengan Kacer Medan. Kacer Nias juga ditemukan di daerah pulau Simalur (Aceh) dan kep. Mentawai (Sumatra Barat).
    • Kacer Padang-Jambi-Palembang;  [hitam-putih]; adalah burung yang sama, karena wilayah yang berdekatan memungkinkan kacer untuk bermigrasi ke tempat-tempat tersebut. Bentuk tubuh dan karakter Kacer Jambi, Palembang dan Padang tidak jauh berbeda, begitu juga dengan kemampuannya berkicaunya.
    • Kacer Bangka-Belitung;  [hitam-putih]; hidup di pulau Bangka, pulau Belitung, bahkan di sepanjang pesisir pantai Timur pulau Sumatra, semuanya memiliki ciri-ciri yang sama.
    • Kacer Bengkulu;  [hitam-putih]; hidup di wilayah Bengkulu. Kacer Bengkulu sangat mirip dengan Kacer Lampung, ukuran tubuh serta karakternya juga hampir tidak berbeda.
    • Kacer Lampung;  [hitam-putih]; hidup di wilayah Lampung hingga dekat perbatasan Bengkulu dan Sumatra Selatan sampai ke Krakatau.
  • Kacer Jawa;  Di pulau Jawa terdapat 2 jenis Kacer berdasarkan ciri-ciri warna tubuh, yaitu:
    • Kacer Jawa Barat [hitam-putih]; (Copsychus saularis musicus)
      memiliki ciri mirip dengan Kacer Sumatra. Tubuh didominasi warna hitam, dan pada bagian dada, perut dan pantat berwarna putih. Postur tubuh juga agak kecil. Kacer Jawa Barat, berasal dari daerah Tasik hingga daerah pesisir Selatan Jawa Barat. Kemampuan berkicau baik, karakter suara sedang hingga keras.
    • Kacer Jawa Timur dan Tengah (hitam];
      seluruh tubuh didominasi dengan warna hitam, biasanya disebut dengan Kacer Hitam. Kemampuan berkicau baik, mampu mengeluarkan suaranya dengan bervariasi dikombinasi dengan gaya yang menawan, hanya suara tidak sekeras Kacer Sumatra atau Kacer Kalimantan.
  • Kacer Kalimantan (Kacer Borneo)
    Di Kalimantan Kacer di sebagian tempat lebih dikenal dengan nama "Tinjau", atau "burung Tinjau" atau sebutan umumnya adalah "Kacer Borneo". Pulau Kalimantan, termasuk surga Kacer, karena di pulau Kalimantan banyak terdapat jenis kacer dengan ciri khas beragam, kadang di suatu wilayah terdapat beberapa jenis Kacer yang memiliki corak tubuh berbeda. Di Kalimantan terdapat Kacer Hitam Putih, Kacer Hitam dan juga terdapat yang jenis Blorok dan juga beberapa memiliki corak tubuh yang sedikit berbeda. Sehingga mungkin terjadi kawin-silang alami antara beberapa jenis kacer yang berbeda. Di habitatnya, Kacer Hitam Putih dengan Kacer Hitam saling bermusuhan. Kacer Hitam Putih akan mengejar dan menyerang Kacer Hitam yang memasuki wilayahnya.
    • Kacer Hitam Putih Kalimantan,
      Kacer dengan corak Hitam Putih, biasa disebut "Kacer Hitam Putih" atau "Kacer Palangka", memiliki ukuran dan bentuk fisik yang beragam, dari ukuran kecil hingga besar, bahkan lebih besar dari Kacer pulau Jawa atau Sumatra. Mampu mengeluarkan suara kicauan yang sangat keras, walaupun di habitatnya terdengar monoton, tapi cerdas untuk diisi dengan suara lain. Kacer Hitam Putih Kalimantan mampu mengeluarkan volume suara "dahsyat", mental kuat ngotot, dan juga mampu mengeluarkan kicauan yang bervariasi (istilah kicau mania "ngerol") serta diimbangi dengan gaya khas "ngobra" nya. Hanya saja karena terlalu ngotot dan fighter nya, burung cepat capek, hingga kebanyakan kurang tahan diajak bermain 3 kelas.
    • Kacer Hitam Kalimantan
      Kacer Hitam Kalimantan, kebanyakan berasal dari Kalimantan Selatan dan Timur, tapi di Kalimantan Tengah dan Barat kadang juga Kacer Hitam ditemukan. Kacer Hitam Kalimantan sering disebut dengan sebutan "Kacer Hitam-polos". Kacer Hitam Kalimantan terkenal dengan kemampuan berkicaunya yang "hebat", bervariasi dengan kombinasi gaya khas "meliuk-liuknya". Hanya saja Kacer Hitam Kalimantan kebanyakan suaranya tidak sekeras sepupunya Kacer Hitam Putih Kalimantan. Bahkan saking asyiknya mengeluarkan gaya meliuk-liuknya yang indah, Kacer Hitam Kalimantan untuk beberapa peristiwa kadang "lupa" mengeluarkan suaranya. Tapi bukan berarti semua Kacer Hitam Kalimantan memiliki kebiasan seperti itu, banyak juga yang mampu mengeluarkan suara dahsyat.
    • Kacer Blorok
      Kacer Blorok, mungkin kurang disenangi para penggemar kacer di Kalimantan, beberapa penggemar Kacer mengatakan "Hitam-putih bukan, Hitam-polos bukan, nanggung".
      Tapi bukan berarti Kacer Blorok tidak memiliki penggemar, banyak juga yang konsisten memelihara Kacer Blorok, dan menaklukkan Kacer Hitam Putih dan Kacer Hitam. "Jadi bukan masalah warna, tapi bakat dan kemampuan burung  lah yang utama", penuturan penggemar Kacer Blorok di Kalimantan.


Species
terdiri dari 5 species (yang tergolong jenis Kacer/ Magpie Robin)



Related

  •  

1 comment: