Turdidae

Family Turdidae, sangat populer di kalangan penggemar burung berkicau karena kemampuan luarbiasanya untuk melantunkan kicauannya yang sangat merdu dan bervariasi. Beberapa dari kelompok Family Turdidae seperti dari Genus Copsychus dan Zoothera pernah mengalami masa jaya dengan harga jual yang sangat tinggi, mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta, bahkan pernah mencapai ratusan juta.

Jenis yang populer di Indonesia adalah jenis dari genus Copsychus dan Zoothera. Genus Copsychus yang terkenal adalah dari species Copsychus saularis (Kacer Hitam Putih), Copsychus sechellarum (Kacer Hitam Polos) dan Copsychus malabaricus (Murai Batu), sedangkan dari Genus Zoothera yang terkenal adalah dari species Zoothera citrina (Punglor Merah), Zoothera interpres (Punglor Kembang), Zoothera andromedae (Punglor Macan) dan Zoothera dauma (Punglor Cendana). Selain itu ada juga yang pernah beredar di Indonesia tetapi tidak terlalu populer, yaitu Zoothera sibirica (Punglor Siberia/Hitam), Punglor Kuning/Kayu, Punglor Sisik dan Punglor Gunung.

Beberapa species tersebut di atas ini pernah menjadi primadona di kalangan penggemar burung kicauan di Indonesia. Harganya yang melambung tinggi menjadikan burung-burung ini semakin diminati. Tetapi karena perburuan yang semakin marak, membuat burung ini semakin sulit didapat. Permintaan bertambah tetapi persediaan burung-burung ini di habitatnya semakin berkurang, bahkan di pulau Jawa sudah sangat langka.
Untunglah beberapa tahun belakangan ini beberapa penangkar burung sudah ada yang berhasil menangkarkan beberapa genus ini. Semoga dengan berhasilnya beberapa penangkar burung ini dapat memacu gairah penangkar-penangkar lain untuk ikut menangkarkan burung-burung ini.

Klasifikasi:
Kingdom   :  Animalia
Phylum     :  Chordata
Class        :  Aves
Order        :  Passeriformes
Family      :  Turdidae

Genus:

Dari penuturan beberapa penggemar burung, bahwa dari genus Zoothera seperti Zoothera citrina konon pernah dihargai seharga mobil mewah BMW. Suatu harga yang fantastis!
Memang burung jenis ini, khususnya genus Zoothera mempunyai kemampuan mengolah suara yang begitu hebat, di atas kerabat-kerabatnya keluarga Turdidae lain.

5 comments:

  1. anis siberia bunyinya bagus ngga om???? soalnya saya punya tp masih anakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anis Siberia, punya suara yang lumayan unik, dan cukup enak didengar, dibanding dengan anis gunung dan anis kuning (kening), burung anis siberia masih lebih unggul dalam segi suara.

      gayanya juga agak teler dikit .. sambil menoleh ke kiri dan kanan.
      sering dimandiin malam sekitar jam 7 malam, gantung aja di teras rumah, beri ef secukupnya, pasti cepat bunyi.

      ok sob, trims, .. salam kicau

      Delete
  2. om, jadi pentet/cendet bukan termasuk keluarga burung turdidae? berarti tidak boleh diterapi mandi malam?? mohon pencerahannya

    ReplyDelete