Chloropsis hardwickii

Choloropseidae
Leafbird (Cucak Hijau & Cucak Rante)

[Cucak Hijau]

Family: Chloropseidae
Genus: Chloropsis
Species: Chloropsis hardwickii (Jardine & Selby, 1830)

Nama: "Orange-bellied Leafbird"
Nama lain: Cucak Cungkok, Cucak Tiongkok
Penyebaran: Himalaya timur dan Cina selatan hingga ke Malaysia

Nama burung ini diberikan untuk memperingati naturalis Inggris Thomas Hardwicke. Burung ini adalah burung asli Himalaya timur dan selatan Cina ke Semenanjung Melayu. Memiliki warna cerah perut berwarna oranye, punggung berwarna hijau, ekor dan sayap biru, di leher dan dada berwarna hitam . Paruh panjang dan agak melengkung sehingga memudahkan menghisap makanan ataupun madu dari bunga yang sedang mekar.

Suara burung sangat bervariasi dengan tembakan yang sangat unik terdengar. Suara yang dimiliki Cucak Cungkok inilah yang membuat burung ini sering dijadikan "master" untuk mengisi suara burung lain. Selain itu kombinasi warna pada tubuhnya yang sangat menarik juga menjadi perhatian para kolektor burung untuk memeliharanya.

Makanan kesukaan serangga, laba-laba dan nektar. Membuat sarang dari akar dan serat yang diletakkan di tepi ranting pada ujung cabang pohon.


Subspecies:
terdiri dari 4 subspecies

  • hardwickii, (Jardine & Selby, 1830)
    ssp hardwickii
    by National Aviary
    ssp hardwickii
    by Ken Havard
    India

    Penyebaran: Utara India (Himachal Pradesh) Timur di Kaki Gunung Himalaya sampai Selatan China (Tibet, Yunnan), Myanmar, Thailand dan Utara Laos.
  • malayana, Robinson & Kloss, 1923 - Selatan Myanmar (Utara dan Tengah Tenasserim) dan Peninsular Malaysia.
  • melliana, Stresemann, 1923 - Selatan China (dari Guizhou dan Guangxi Timur sampai Fujian) dan Utara dan Tengah Vietnam (Annam).
  • lazulina, (Swinhoe, 1870) - pulau Hainan.

Source

No comments:

Post a Comment