Urolestes melanoleucus

Urolestes melanoleucus, (Magpie Shrike)

Urolestes melanoleucus
Limpopo, Afrika Selatan
Burung ini juga dikenal sebagai African Long-tailed Shrike, adalah spesies burung dalam keluarga Laniidae. Species ini terdapat di Angola, Botswana, Kenya, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, Swaziland, Tanzania, Zambia, dan Zimbabwe. Keunikan burung ini diberi nama Magpie, karena memiliki kemiripan pada postur tubuh dengan keluarga (Kacer) Magpie dari genus Copsychus, tetapi pada dasarnya burung ini terkait kerabat dengan keluarga Cendet (Lanius).

Sedikit terjadi kebingungan pada penamaan ilmiah pada species ini. Pada beberapa pakar taksonomi, sering mengganggap burung ini sebagai subspecies dari genus Corvinella, dengan sebutan Corvinella melanoleuca. Tapi sebenarnya burung ini memiliki banyak perbedaan dengan genus Corvinella, sehingga lebih diakui sebagai genus dan species tersendiri.

Urolestes melanoleucus ini berhabitat pada alam yang merupakan savana kering, savana lembab dan semak kering subtropis atau tropis. Makanan kesukaan burung ini adalah binatang-binatang kecil, seperti serangga, kadal, ular kecil, tikus kecil dan anak burung lain.

Species ini adalah monotypic.


sumber:

No comments:

Post a Comment