Zoothera interpres (Punglor Kembang)

Zoothera interpres (Chesnut Capped Thrush)
Punglor Kembang, Anis Kembang, Anis Cacing

Zoothera interpres
(dkimages.com)
burung ini tersebar di beberapa daerah di Asia Tenggara, yaitu di Thailand, Malaysia, Kalimantan, Filipina (Malamaui, Jolo dan Tawi-Tawi, Pulau Sulu), Jawa, Lombok, Sumbawa, Flores.

Zoothera interpres ini termasuk salah satu keluarga Zoothera yang bersuara terbaik bersama sepupunya Zoothera citrina, temasuk burung yang paling populer di Indonesia. Harga burung ini pun sempat melambung tinggi, dan menjadi incaran penggemar burung dari segala penjuru Indonesia.
Burung ini juga sangat sensitif terhadap lingkungan baru, dan mudah stress, sehingga kadang menyulitkan bagi para penggemar pemula.


Di habitatnya burung ini berada pada dataran tinggi, tetapi di beberapa tempat di Kalimantan, burung ini juga ditemukan di dataran rendah. Biasanya burung ini menyukai daerah yang ada aliran sungai yang terdapat air terjun kecil, dan suasana teduh hutan lebat. Burung ini tidak suka berada di daerah terbuka. Mencari makan di permukaan tanah, memakan binatang kecil di bawah lapisan tanah, seperti cacing atau serangga kecil. Buah-buahan kecil juga menjadi kesukaan burung ini.

Zoothera interpres mampu mengeluarkan suara yang merdu penuh variasi yang menggetarkan apabila kita mendengarnya langsung di habitnya. Karena keindahan suara burung inilah yang menjadi incaran setiap penggemar burung. Sehingga dikhawatirkan populasi burung ini semakin terancam kepunahan.

2 comments: