Nicator "Nicator"

Pycnonotidae
Nicator

Ordo:
Family:
Genus:
Passeriformes
Pycnonotidae (G. R. Gray, 1840)
Nicator (Hartlaub & Finsch, 1870)
Species
3
Nama:
Nicator
Penyebaran:
Afrika

Genus Nicator adalah kelompok endemik asal Afrika. Memiliki 3 species yang memiliki postur dan bentuk sangat mirip. Berhabitat pada berbagai hutan dataran rendah tropis dan subtropis di Afrika, lembab dan banyak semak-semak.

Pengelompokan yang keliru sebelumnya menempatkan burung ke dalam kelompok Shrikes (Laniidae), hingga pada tahun 1920 James Chapin menemukan kesamaan antara Nicator dengan keluarga Bulbul (Kutilang/ Pycnonotidae) dan juga bushshrikes (Malaconotidae), dan pada tahun 1943 Jean Théodore Delacour menempatkan burung ini ke dalam keluarga Bulbul (kutilang/ Pycnonotidae). Tapi menurut Storrs Olson kelompok Nicator lebih terkait erat dengan bushshrikes, karena Nicator tidak memiliki pengerasan lubang hidung seperti pada keluarga kutilang lainnya. Setelah sejumlah fitur yang ini pada genus Nicator ini, termasuk posisi bulu wajah (yang preorbital daripada rictal), sarang dan kicauan, membuat genus yang unik, dan studi DNA baru-baru ini menyarankan bahwa genus ini harus diperlakukan sebagai family monogeneric. Beberapa pihak, seperti Checklist Clements , memperlakukan family baru bagi genus Nicator ini, yaitu Nicatoridae.

Nama "nicator" berasal dari bahasa Yunani yang berarti "penakluk". Dalam genus ini, "Western Nicator" dan "Eastern Nicator" dianggap merupakan superspecies dan kadang dianggap sebagai spesies yang sama.

Burung dari genus Nicator ini memiliki ukuran panjang 16-23 cm. Warna bulu keseluruhan berwarna zaitun terutama pada punggung, ekor dan sayap, dengan bercak kuning di sayap, dan abu-abu atau keputihan pada bagian bawah.

Species
terdiri dari 3 species

  • Nicator chloris (Valenciennes, 1826) "Western Nicator"


    Penyebaran:
    Sebagian besar wilayah barat Afrika. Habitat pada hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis dan subtropis rawa atau tropis.
  • Nicator gularis (Hartlaub & Finsch , 1870) "White-throated Nicator, Eastern Nicator"


    Penyebaran: 
    Sebagian besar wilayah timur Afrika. Habitat pada hutan subtropis atau tropis kering, savana kering, semak dan lembab.
    Spesies ini sempat dinamakan "Yellow-spotted Nicator" tapi saat ini ditetapkan sebagai "White-throated Nicator".
  • Nicator vireo (Cabanis , 1876) "Yellow-throated Nicator"
    ...

    Penyebaran:
    Hampi di sebagian besar wilayah Afrika. Habitat pada hutan dataran rendah lembab subtropis atau tropis.


Related
~  wikipedia "Nicator"

No comments:

Post a Comment