Pycnonotus atriceps

Bulbul

 Family
Pycnonotidae 
 Genus
Pycnonotus 
 Species
Pycnonotus atriceps

 Nama
Black-headed Bulbul 
 Nama lain
Lincang 
 Penyebaran
Indonesia


Pycnonotus atriceps, atau Black-headed Bulbul, di Indonesia terutama di Kalimantan dikenal dengan nama "Lincang". Burung yang sekilas mirip dengan Cucak Hijau, tubuh didominasi dengan warna kuning, pada bagian kepala berwarna hitam. Warna mata bervariasi, ada yang berwarna hijau, ada juga yang berwarna biru. Burung Lincang ini termasuk burung berkicau (penyanyi). Suara kicauan seperti suara tembakan "cak cak cak". Hidup di hutan tropis dan sub-tropis, biasanya terbang dan mencari makanan secara berkelompok. Makanan yang disukai adalah buah-buahan dan serangga kecil.

Subspecies
terdiri dari 4 subspecies

  • Pycnonotus atriceps atriceps (Temminck, 1822),
    ssp atriceps

    Picture: Christophe Gouraud
    Kaeng Krachan National Park, Western Thailand, Thailand

    Timur Bangladesh (Sylhet dan Chittagongs), Timur Laut India (Selatan R Brahmaputra, sampai Utara Cachar dan Manipur), Myanmar dan Selatan China (Yunnan) sampai Selatan Thailand, Cambodia, Selatan Laos, Selatan Vietnam, Peninsular Malaysia, Sunda Besar dan Barat Philippines (Calauit, Dumaran, Palawan) dan Kalimantan.
  • Pycnonotus atriceps hyperemnus (Oberholser, 1912) - Sebelah barat pulau Sumatra (pulau Simeulue, pulau Nias dan kepulauan Mentawai).
  • Pycnonotus atriceps baweanus (Finsch, 1901) - pulau Bawean (Utara Jawa).
  • Pycnonotus atriceps hodiernus (Bangs & J. L. Peters, 1927) - pulau Maratua (Timur Kalimantan Timur).


No comments:

Post a Comment