Pycnonotus melanicterus

Bulbul

 Family
Pycnonotidae 
 Genus
Pycnonotus 
 Species
Pycnonotus melanicterus, (Gmelin, JF, 1789)

 Nama
Black-capped Bulbul atau Black-crested Bulbul atau Flame-throated atau Ruby-throated Bulbul 
 Nama lain
Sri Lanka "Hisa Kalu Kondaya" bahasa Sinhala 
 Penyebaran
Sri Lanka (endemik)


Pycnonotus melanicterus, (Pycnonotus melanicterus), adalah anggota dari keluarga bulbul burung passerine. Setelah berpikir itu ditemukan dalam benua India, tapi sekarang sudah diterima bahwa burung ini adalah endemik pulau Sri Lanka.
Terjadi kebingungan dalam hal pemberian nama burung ini, awalnya burung ini diberinama Black-crested Bulbul. Padahal nama tersebut adalah milik Pycnonotus flaviventris, yang secara fisik memang sangat mirip dengan burung ini. Sehingga sampai saat ini pun, orang masih sering salah membedakan antara Pycnonotus melanicterus dengan Pycnonotus flaviventris. Selain itu pemberian beberapa nama lain seperti Flame-throated dan Ruby-throated Bulbul, juga semakin menambah rumit menentukan nama yang tepat untuk burung ini. Di antara 3 species, P. melanicterus, P. flaviventris dan P. montis, sekilas hampir tidak bisa dibedakan.

Pycnonotus melanicterus, memiliki ciri-ciri, tubuh didominsi dengan warna kuning, tenggorokan kuning dan mata kecoklatan. Daerah kepala berwarna hitam dengan jambul tegak di saat sedang siaga. Ekor warna kecoklatan dengan bagian ujung putih. Burung jantan memiliki iris mata merah, dan perempuan memiliki iris mata coklat.

Burung ini menyukai tempat hutan yang banyak semak belukar lebat. Sarang dibangun di semak, dengan 2-4 butir telur. Burung ini memakan buah dan serangga. Biasanya terbang berpasangan.

source

http://avibase.bsc-eoc.org

No comments:

Post a Comment