Zosterops flavus (burung Kacamata Jawa)

Zosterops flavus
Zosterops flavus, di Indonesia dikenal sebagai burung Kacamata Jawa.  Di pulau Jawa biasa disebut sebagai burung Kacamata saja. Selain di Indonesia burung ini ditemukan juga di Malaysia. Sedangkan di Indonesia burung ini terdapat di pulau Jawa dan pulau Kalimantan.

Di pulau Jawa burung ini mulai terancam kehilangan habitat, sehingga dikhawatirkan populasi burung ini akan semakin berkurang atau terancam punah.

Burung Kacamata Jawa ini berukuran tubuh sekitar 10 cm, dan didominasi warna kuning. Tubuh bagian atas berwarna kuning zaitun, dan bagian bawah berwarna kuning biasa. Iris berwarna coklat, paruh dan kaki kehitaman. Mirip dengan burung Kacamata Laut, tapi Kacamata Jawa berukuran lebih kecil, warna lebih terang, dan tanpa bintik hitam pada kekang. Kicauan berupa desisan seperti nada kontak yang tinggi diantara anggota kelompok dan suara yang tajam.

Berhabitat di hutan mangrove, semak pantai, hutan pantai dan di pinggiran hutan. Mencari makan dalam kelompok besar. Makanan nektar bunga, serangga kecil, dan buah-buahan. Sarang berbentuk cawan. Telur 2 butir dengan warna kebiru-biruan.

Perawatan sangat mudah, karena burung ini cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya. Selain itu burung ini juga memiliki suara yang lumayan enak dan bervariasi. Sehingga sangat diminati para penggemar burung.

sumber:

2 comments: