Lanius bucephalus

Lanius bucephalus (Bull-headed Shrike)

Lanius bucephalus
by Aleix Comas
Japan
Lanius bucephalus, adalah dari keluarga Laniidae. Burung ini berukuran panjang tubuh sekitar 19-20 cm. Jantan memiliki mahkota coklat, alis putih dan topeng hitam. Bagian punggung abu-abu-coklat sementara sayap gelap dengan patch putih. Panggul yang berwarna karat. Betina memiliki corak serupa tetapi kusam dan coklat dengan topeng berwarna cokelat dan pada sayap terdapat patch putih.


Species ini memiliki suara yang keras dalam berkicau, dan pandai meniru suara burung lain. Berkembang biak di utara-timur Cina, Korea, Jepang dan jauh-timur Rusia (Ussuriland, Sakhalin dan Kepulauan Kuril). Pada musim dingin bermigrasi ke selatan di China selatan. Pernah terlihat di Taiwan, Hong Kong dan Vietnam.
Subspecies Lanius bucephalus ssp sicarius, hidup terisolasi dan hanya ditemukan di pegunungan provinsi Gansu di barat-tengah Cina.

Burung ini berhabitat di lahan pertanian dan tepi hutan. Kadang ditemukan di taman dan kebun di daerah perkotaan. Makanan pokok seperti kumbang dan jangkrik tetapi juga memangsa kadal dan krustasea.

subspecies:
  • sicarius, Bangs & J.L. Peters, 1928 - China. 
    Subspecies ini hidup terisolasi dan hanya ditemukan di pegunungan provinsi Gansu di wilayah barat-tengah Cina.
  • bucephalus, Temminck & Schlegel, 1845 - China (Manchuria Selatan sampai Hebei dan Shandong), Korea, Pulau Sakhalin, Selatan Kurils, Japan, Pulau Ryukyu, Pulau Daito dan Pulau Ogasawara.

sumber:

No comments:

Post a Comment