Eurocephalus rueppelli

Eurocephalus rueppelli (Northern White-crowned Shrike)

Eurocephalus rueppelli
by Stefan Helming
Ethiopia
Eurocephalus rueppelli, adalah bagian dari keluarg Laniidae. Berhabitat di semak duri kering, semi-gurun, dan hutan terbuka akasia di Afrika timur dari tenggara dan selatan Sudan Ethiopia ke Tanzania. Penamaan binomial pada species ini berasal dari nama seorang penjelajah Jerman Eduard Rüppell.

Burung ini berukuran panjang tubuh sekitar 19-23 cm. Burung dewasa memiliki mahkota putih dan bagian mata terdapat seperti topeng hitam, punggung dan sayap berwarna coklat dan ekor hitam. Tenggorokan, payudara dan perut berwarna putih, dan sisi-sisi berwarna coklat.
Terdapat beberapa varian yang dibedakan dari variasi bulu. Species ini di daerah utara lebih besar daripada yang ada di selatan. Suara burung ini bernada tinggi squawks, berderit dan chatters, termasuk "kek-kek" dan "chee-chee".

Eurocephalus rueppelli, suka berteman dan berkelompok dalam kelompok kecil, biasa dalam jumlah sekitar 12 burung. Dalam kelompok ini mereka akan berburu bersama-sama terhadap serangga besar, selain itu mereka juga memakan kadal, dan ular kecil, kadang-kadang mereka memakan buah-buahan kecil yang telah jatuh ke tanah.
Sarang berdinding tebal dan berbentuk cangkir yang dibuat rapi dan telur sebanyak 4 butir berwarna putih atau abu-abu, ungu atau coklat. Kemungkinan bisa terjadi perkawinan silang antara species ini dengan species lain, dari genus berbeda, karena burung ini sangat suka berteman dengan species lain.

subspecies:
  • ruppelli, Bonaparte, 1853 - Sudan, (Ethiopia Selatan dan Barat), Kenya dan (Tanzania Utara dan Tengah).
  • erlangeri, Zedlitz, 1913 - Ethiopia Tengah, Kenya dan (Somalia Tengah dan Selatan).

sumber:

No comments:

Post a Comment