Lanius isabellinus

Lanius isabellinus (Isabelline Shrike)
Lanius isabellinus
by Laurent Demongin
Israel

Lanius isabellinus, adalah anggota dari keluarga Laniidae. Species ini setara dengan Lanius collurio, yang sebelumnya diduga sejenis.

Lanius isabellinus berkembang biak di selatan Siberia dan Asia Tengah (ras Lanius isabellinus phoenicuroides, yang dikenal sebagai Turkestan Shrike) dan Cina (ras Lanius isabellinus isabellinus, yang dikenal sebagai Daurian Shrike (setelah wilayah Dauria)) dan musim dingin di daerah tropis. Kedua ras kadang-kadang dianggap sebagai spesies yang terpisah.

Species ini adalah migrasi kelas menengah. Memakan serangga besar, burung kecil, tikus dan kadal. Bulu berwarna seperti pasir dan memiliki ekor berwarna merah. Burung muda dapat dibedakan dari warna merah muda yang dimilikinya.

subspecies:
  • phoenicuroides, (Schalow, 1875) - Selatan dn Timur Kazakhstan Selatan sampai Transcaspia, Timur Iran, Afghanistan, Pakistan (Utara kemungkinan di Barat Indus) dan China (Xinjiang).
  • isabellinus, Hemprich & Ehrenberg, 1833 - Mongolia dan Selatan dan Timur Russian Transbaikalia Selatan sampai Utara China (Altai dan Tien Shan, di Xinjiang, Timur sampai Nei Mongol).
  • arenarius, Blyth, 1846 - Barat China dari Tien Shan dan Tarim Basin Timur sampai Gansu dan Barat Nei Mongol, Selatan sampai Ningxia.
  • tsaidamensis, Stegmann, 1930 - China (Qaidam Basin, di Utara Qinghai).

sumber:

No comments:

Post a Comment