Corvinella corvina

Corvinella corvina (Yellow-billed Shrike)

Corvinella corvina
by Michael Van Bosch
Gambia
Corvinella corvina, adalah dalam keluarga Laniidae, dikenal sebagai Yellow-billed Shrike. Burung ini adalah burung penetap yang umum di daerah tropis Afrika dari Senegal timur ke Uganda dan lokal di Kenya barat. Berhabitat di hutan yang lebat.

Sarang berbentuk cangkir yang ditempatkan di semak-semak atau pohon, yang berisi 4-5 telur. Pada saat menetas biasanya hanya terdapat 1 betina, sedangkan yang lainnya jantan. Berkembang biak pada waktu tertentu, dan anggota lainnya memberikan perlindungan dan makanan.

Berukuran tubuh sekitar 18 cm dengan ekor panjang dan sayap pendek. Burung dewasa memiliki bercak coklat. Pada mata terdapat masker berwarna coklat.

Burung ini suka berkelompok, sambil mengeluarkan suara berisik, "swee-swee" dan "dreee-dree", sebagai alat komunikasi di antara mereka. Makanan pokok adalah serangga, ular kecil, tikus kecil dan kadal.



subspecies:
  • corvina, (Shaw, 1809) - Mauritania Selatan, Senegal dan Gambia Selatan sampai Guinea-Bissau dan Guinea Utara sampai Burkina Faso, Niger dan Nigeria.
  • togoensis, Neumann, 1900 - Guinea Barat dan Sierra Leone Timur sampai Nigeria Timur, Cameroon Utara, Central African Republic, Chad Selatan dan Sudan Barat dan Tengah.
  • caliginosa, Friedmann & Bowen, 1933 - Sudan.
  • affinis, Hartlaub, 1857 - Sudan Selatan, DRCongo, Uganda Timur dan Kenya Barat.

sumber:

No comments:

Post a Comment