Corvinella melanoleuca

Corvinella melanoleuca (Magpie Shrike)

by Laurent Demongin
Zimbabwe
Species ini adalah salah satu dari keluarga Laniidae. Ditemukan di bagian lebih utara dari wilayah Afrika bagian selatan, serta lebih jauh ke utara Kenya dan Tanzania.

Burung ini memiliki ekor panjang, dan bulu menyolok hitam dan putih, membuat agak bingung melihat burung ini sekilas bagaikan silangan dari species Copsychus scechellarum (kacer), dan Copsychus malabaricus (murai batu).. Burung ini berukuran sekitar 43 cm.


Sedikit membingungkan dalam penamaan ilmiah burung ini, karena dalam beberapa taksonomi, species ini memiliki dua nama genus. Selain species ini termasuk dalam genus Corvinella, species ini juga masuk dalam genus Urolestes dengan nama species Urolestes melanoleucus. Sehingga keadaan ini agak membingungkan, sebenarnya harus dimasukkan ke dalam genus yang mana.

Habitat burung ini di hutan terbuka dengan banyak pohon-pohon akasia. Burung ini merupakan burung yang suka berteman, yang sering ditemukan dalam kelompok kecil dalam jumlah selusin. Kelompok kecil ini sering hinggap di tempat yang menyolok dan bersuara (berkicau) dengan keras. Makanan kesukaan mereka adalah serangga, reptil kecil dan bahkan pada tikus dan burung kecil.

Suara kicauan burung "theeu-teewoo". Biasanya mereka mengeluarkan suara kicauan untuk memanggil teman-temannya dan saling sahut-sahutan dalam waktu yang sama. Jantan dan betina saling panggil dalam duet, masing-masing memberikan kontribusi bagian dari panggilan.

Corvinella melanoleuca adalah monogami dan membuat sarang yang berbentuk cangkir yang biasa ditempatkan di pohon akasia yang tinggi. Telur sebanyak dua sampai enam telur, yang menetas setelah masa inkubasi sekitar dua puluh hari.

Nama ilmiah untuk burung ini adalah Corvinella melanoleuca. Corvinella dari bahasa Latin berarti "gagak kecil" dan melanoleuca dari bahasa Yunani untuk "hitam dan putih". Dengan demikian diartikan sepenuhnya sebagai gagak hitam putih kecil.

subspecies:
  • aequatorialis, (Reichenow, 1887) - Kenya dan Tanzania (Victoria Timur di Gunung Kilimanjaro sampai Tanganyika sampai Malawi).
  • angolensis, (Meise, 1958) - Angola dan Namibia (Gurun Namib).
  • melanoleuca, (Jardine, 1831) - Zambia Selatan, Zimbabwe, Botswana (sebagian Kalahari) dan South Africa Utara.
  • expressa, (Clancey, 1961) - Malawi, Zimbabwe dan Mozambique sampai South Africa (Kruger dan KwaZulu-Natal) dan Swaziland Timur.

sumber:

No comments:

Post a Comment