Lanius ludovicianus

Lanius ludovicianus (Loggerhead Shrike)

Lanius ludovicianus, adalah keluarga Laniidae, yang menjadi satu-satunya anggota keluarga Laniidae yang endemik di Amerika Utara, terkait hubungan dengan Lanius excubitor.
Burung ini di kepala dan punggung berwarna abu-abu dan putih. Sayap dan ekor berwarna hitam, dengan bercak putih pada sayap dan putih pada bulu ekor luar. Masker wajah hitam meluas.

Berkembang biak di daerah semi terbuka di wilayah selatan Ontario, provinsi Quebec dan padang rumput Kanada, dan selatan Meksiko. Bersarang di pohon lebat dan semak-semak. Betina meletakkan 4 sampai 8 butir telur dalam secangkir besar terbuat dari ranting dan rumput.
Dalam menangkap mangsa, burung menunggu di ranting pohon untuk bersiap menyergap mangsanya. Makanannya adalah serangga besar dan kadal. Dikenal di banyak negara bagian sebagai "Burung Butcher".
Populasi spesies ini menurun di bagian timur laut Amerika Utara, karena hilangnya habitat yang sesuai dan penggunaan pestisida.

subspecies:
  • excubitorides, Swainson, 1832 - Canada (Selatan British Columbia, Alberta, Selatan Saskatchewan dan Manitoba) Selatan di Barat Amerika sampai Tmur Washington, Selatan Oregon dan Selatan Idaho sampai California, Arizona, New Mexico, Texas, Timur sampai North Dakota, South Dakota, Nebraska, Kansas dan Barat Oklahoma.
  • grinnelli, Oberholser, 1919 - Selatan California sampai Mexico (Baja California Norte).
  • anthonyi, Mearns, 1898 - Pulau Channel (Santa Rosa, Santa Cruz, Santa Catalina).
  • mearnsi, Ridgway, 1903 - Pulau San Clemente.
  • migrans, Palmer, 1898 - Canada (Ontario, Quebec, Michigan) di Amerika.
  • ludovicianus, Linnaeus, 1766 - Utara dan Selatan Amerika (Timur Pegunungan Appalachian) dari North Carolina Selatan sampai Florida.
  • mexicanus, C. L. Brehm, 1854 - Barat dan Tengah Mexico.

ssp excubitorides
by Paul A. Davis
USA









sumber:

No comments:

Post a Comment