Lanius senator

Lanius senator (Woodchat Shrike)

Lanius senator
by Juan
Spain
(ibc)
Lanius senator, adalah anggota dari keluarga Laniidae. Lanius senator berkembang biak di selatan Eropa, Timur Tengah dan Afrika barat laut, dan pada musim dingin di Afrika tropis. Berkembang biak di pohon-pohon kebun dan beberapa tanah kosong atau berpasir.
Makanan pokok adalah serangga besar, burung kecil dan amfibi kecil. Jantan menyolok dengan bulu hitam dan putih dengan mahkota kastanye. Pada burung betina dan muda upperparts cokelat dan vermiculated.

subspecies:
  • senator, Linnaeus, 1758 - Utara Spain dan Tengah dan Selatan France sampai Sicilia dan Greece (mencakup Corfu, Crete dan hampir di seluruh pulau-pulau besar di Laut Aegean), Pesisir Balkans Timur sampai Selatan Bulgaria dan Barat Turki, dan juga di Switzerland, Germany, Poland dan Slovakia.
  • rutilans, Temminck, 1839 - Iberian Peninsula (Utara Spain) dan Africa, dari Pantai Moroccan Atlantic Timur sampai Libya.
  • badius, Hartlaub, 1854 - Pulau Barat Mediterranean (Balearics, Capraia, Corsica, Sardinia).
  • niloticus, (Bonaparte, 1853) - Cyprus, Selatan dan Timur Turki, Levant dan Utara Iraq (Kurdistan) Timur sampai Iran (Pegunungan Zagros; mungkin juga di Baluchistan dan di Pegunungan Elburz).

ssp senator
by Georges Olioso
France
(ibc)







sumber:

1 comment: