Fregilupus

Family : Sturnidae
Genus  : Fregilupus, Lesson, 1831

Genus Fregilupus terdiri dari 1 species, yaitu :

Fregilupus varius,  Boddaert, 1783 (Bourbon Crested Starling)

Bourbon Crested Starling (Fregilupus varius), juga dikenal sebagai Huppe, Crested Starling, atau Réunion Starling adalah burung yang telah punah dari keluarga Sturnidae.
Bourbon Crested Starling ditemukan pada 1669 dan pertama 1783 oleh naturalis Belanda Pieter Boddaert. Panjang tubuh mencapai 30 cm. Sayap abu-abu kecoklatan, memiliki lebar sayap 4,7 cm. Panjang ekor 11,4 cm dan memiliki rona berwarna karat. Kaki berwarna kuning panjang sekitar 3,9 cm. Kepala, leher, dan perut berwarna putih. Boddaert menamakannya Hupupa Varia ketika pertama kali dijelaskan tapi naturalis René-Primevère Pelajaran memasukkannya ke dalam genus Fregilupus pada tahun 1831. Namun, setelah analisis yang cermat dari kerangka itu direklasifikasi sebagai anggota keluarga jalak pada tahun 1874.
Bourbon Crested Starling adalah burung endemik pulau La Réunion (yang bernama Bourbon sampai tahun 1790), sehingga nama "Bourbon" menggambarkan warna pada mahkota di atas kepalanya.
Habitatnya terdiri dari hutan rawa dan hutan pantai moistly pegunungan. Makanan terdiri dari serangga, biji-bijian, dan buah-buahan.
Penampakan Bourbon Crested Starling dilaporkan terakhir pada tahun 1868. Pada 2006, 19 spesimen yang diawetkan di museum (Italia, Belanda, La Réunion, dan di American Museum of Natural History).

No comments:

Post a Comment