Necropsar

Famly : Sturnidae
Genus : Necropsar, Slater in Günther & Newton, 1879

Genus Necropsar terdiri dari 2 species, yaitu :

1.  Necropsar leguati, Forbes, 1893 (Mascarene Starling)

Necropsar leguati atau Orphanopsar leguati yang dianggap identik dengan Necropsar rodericanus (yang hanya dikenal dari fosil). Necropsar leguati sering disamakan dengan species Cinclocerthia gutturalis, spesimen albino, sayap dan ekor berwarna putih. Burung ini termasuk burung yang diambang kepunahan, karena populasinya yang semakin menyusut setiap tahunnya.


2.  Necropsar rodericanus,  (Rodrigues Starling),  punah sekitar tahun 1830


Starling Rodrigues Starling (Necropsar rodericanus), adalah burung penyanyi yang telah punah dan spesies yang cukup misterius. Ini adalah satu-satunya spesies dalam genus Necropsar, dan dikelompokkan ke dalam keluarga jalak (Sturnidae). Burung ini penghuni Rodrigues di Mascarenes dan salah satu pulau lepas pantai. Pada tahun 1726 seorang angkatan laut Prancis Julien Tafforet petugas dari Ressource La menggambarkan pertemuannya dengan burung ini di pulau lepas pantai d'île Rodrigue. Pendeta Henry Horrocks Slater, seorang naturalis dari Inggris, menemukan tulang subfossil dari Jalak di Rodrigues.
Necropsar rodericanus sering membingungkan karena sering dianggap terkait dengan Necropsar leguati yang berukuran lebih kecil. Burung ini disebut juga sebagai "Jalak Putih Mascarene" dan dianggap sebagai spesies dengan berbagai parapatric atau allopatric yang berbeda. Ini membuat keyakinan bahwa Jalak Rodrigues punah sekitar tahun 1830.

No comments:

Post a Comment